Dosen FMIPA memberikan Pelatihan Pembuatan e-modul Menggunakan Sigil kepada Guru Kimia Anggota MGMP Kimia Kota Padang Panjang

Pada masa pandemi ini, pembelajaran secara online merupakan salah satu hal yang tidak bisa dielakkan oleh seluruh jenjang pendidikan,mulai dari taman kanak-kanak hingga ke Perguruan Tinggi. Untuk ini LP2M UNP memberikan kontribusi kepada masyarakat luas untuk dapat mempersiapkan pembelajaran online ini dengan baik. Melalui Progam Kemitraan Masyarakat (PKM) telah diberikan bantuan dalam segi pendanaan dan fasilitas sehingga beberapa kelompok masyarakat dapat dibantu dalam pembuatan bahan ajar berbasis IT.

Budhi Oktavia, Ph.D selaku ketua pengabdian dan Dr. Rahadian beserta Dr. Ahmad Fauzi telah memberikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul WORKSHOP PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE SIGIL PADA GURU-GURU ANGGOTA MGMP KIMIA KOTA PADANG PANJANG yang telah dimulai pada tanggal 18 Agustus 2021 dan akan berlangsung selama 2 bulan.  Kegiatan ini juga dibantu oleh narasumber ibu Guspatni, MA dan Dola Mulyana, S.Pd yang menjelaskan mengenai e-modul dan bagaimana cara membuatnya.

Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah MGMP Kimia kota Padang Panjang yang menaungi guru-guru Kimia SMA di Padang Panjang. Seluruh guru akan dikoordinir oleh ketua MGMP yang bertanggung jawab untuk mengikuti pelatihan ini. Ketua MGMP akan membantu mengarahkan peserta dan mengatur waktu, tempat, perizinan serta sarana dan prasarana setempat yang dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Para guru menyatakan bahwa mereka ingin dapat membuat suatu karya yang innovatif untuk pembelajaran dan dapat mengintegrasikan pendekatan saintifik pada pelaksanaan dan penggunaannya. Guru mengusulkan untuk diberikan pelatihan tentang pembuatan bahan ajar berbasis TIK sehingga sifat innovatifnya dapat dicapai. Oleh sebab itu, kami memberikan kegiatan pelatihan pembuatan bahan ajar dalam bentuk e-modul berbasis Guided Discovery Learning (GDL) kepada guru-guru kimia kota Padang Panjang. Pada kegiatan ini, para guru akan diberi materi tentang kriteria utama suatu bahan ajar (modul), pendekatan saintifik dalam pembelajaran, materi GDL, e-modul, editing visual dan video dengan software komputer, serta literasi dan keterampilan TIK terkait lainnya.

Hasil dari pelatihan tersebut telah membuka mata peserta mengenai pemanfaatan komputer dalam pembelajaran secara interaktif dengan siswa, dimana guru dapat membuat atau menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk modul elektronik bagi siswanya, dimana selama ini peserta hanya menggunakan media print / kertas untuk mempelajari materi.

Pada hari pertama dan kedua, pada pelatihan ini peserta diberikan materi mengenai guided discovery learning dan video editing -modul. Pada hari ketiga dan keempat peserta diberi materi mengenai modul dan mulai merancang modul yang akan digunakan dalam pembelajaran menggunakan word. Hari kelima dan keenam peserta merubah modul dalam bentuk word ke dalam bentuk modul elektronik dan masuk ke tahap finishing dalam pembuatan modul elektronik, dimana modul elektronik yang dibuat telah dilengkapi dengan video dan gambar yang menarik. Selanjutnya peserta diberikan waktu untuk menyempurnakan modul elektronik rancangan masing-masing, selanjutnya modul elektronik tersebut dikumpulkan sebagai bahan penilaian terlaksananya pengabdian ini. Instruktur akan menilai dan memberikan sertifikat pelatihan yang setara dengan 36 jam pertemuan bagi peserta yang telah menyelesaikan modul elekttronik pembelajaran bidang studi masing-masing.