FGD Kurikulum Magister Pendidikan Kimia: Meningkatkan Kualitas dan Reputasi di Asia Tenggara
Pada tanggal 29 Maret 2019, Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan inovatif. Acara ini dihadiri oleh para dosen di lingkungan fakultas dan dipimpin oleh Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Budhi Oktavia, M.Si., Ph.D.
FGD kali ini difokuskan pada penyusunan kurikulum yang mampu mendukung visi keilmuan program studi, yaitu “Menjadi program studi magister Pendidikan Kimia yang bermartabat dan bereputasi internasional, unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat melalui pembelajaran yang interaktif dan adaptif.” Sebagai ketua tim penyusun kurikulum, Dr. Yerimadesi, M.Si., memaparkan pentingnya merancang kurikulum yang tidak hanya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu merespons kebutuhan global di bidang pendidikan kimia. Diskusi ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc., sebagai pembicara utama, yang memberikan wawasan mendalam tentang strategi pembelajaran interaktif dan bagaimana pendidikan kimia dapat berkontribusi pada pengembangan masyarakat.
Dengan adanya FGD ini, Program Studi Magister Pendidikan Kimia berharap dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan memiliki reputasi internasional, sejalan dengan target universitas untuk terus mengembangkan pendidikan berkualitas tinggi yang responsif terhadap tantangan zaman (Fitri).