Inovasi AI dalam Pembelajaran dan Penelitian: Mendorong Kemajuan Mahasiswa Magister Pendidikan Kimia FMIPA UNP
Padang, 21 Oktober 2024 – Program Studi Magister Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kegiatan kuliah umum bertajuk “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran dan Penelitian Mahasiswa Magister Pendidikan Kimia.” Kegiatan ini menghadirkan narasumber utama, Prof. Karmila Machmud, S.Pd., M.A., Ph.D., yang merupakan pakar di bidang Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. Kuliah ini juga dihadiri oleh Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Alizar, M.Sc., Ph.D., dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan II FMIPA UNP, Dr. Irwan, M.Si.
Dalam sambutannya, Dr. Irwan menyampaikan bahwa teknologi Artificial Intelligence (AI) memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dan penelitian. Namun, ia juga mengingatkan bahwa AI merupakan “dua mata pisau,” yang di satu sisi dapat sangat mendukung perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi di sisi lain juga menuntut penggunaan yang bijaksana dan bertanggung jawab.
Koordinator Program Studi, Alizar, M.Sc., Ph.D., menyampaikan harapan agar kuliah umum ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam kepada dosen dan mahasiswa, tetapi juga membuka peluang untuk melaksanakan kegiatan lanjutan berupa workshop. “Dengan semakin bermanfaatnya teknologi AI dalam pembelajaran dan penelitian, kami berharap bisa mengadakan workshop lanjutan yang lebih intensif,” ujarnya.
Kuliah umum ini diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Kimia FMIPA UNP. Peserta terlihat antusias dalam menggali lebih jauh bagaimana AI dapat diaplikasikan dalam pembelajaran serta penelitian di bidang Pendidikan Kimia. Kuliah ini juga membuka ruang diskusi antara narasumber dan peserta, sehingga menghasilkan banyak ide dan pemikiran baru untuk memanfaatkan AI secara efektif di bidang akademik.
Salah satu pemanfaatan AI yang mendapat perhatian khusus adalah dalam pembuatan bahan ajar. Prof. Karmila menjelaskan bagaimana AI dapat digunakan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif yang lebih adaptif dan menarik bagi mahasiswa. Dengan bantuan teknologi AI, para dosen dapat menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individual siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian di Program Studi Magister Pendidikan Kimia, sekaligus menjawab tantangan revolusi industri 4.0 yang semakin mengedepankan teknologi digital dalam proses pendidikan (Fitri).