Berita Kampus

Orientasi Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Kimia Tahun 2024: Kenalkan Kurikulum dan Sistem Perkuliahan

Pada tanggal 3 September 2024, Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP mengadakan kegiatan orientasi mahasiswa baru tahun ajaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 11 orang mahasiswa baru dari jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dan 5 orang mahasiswa dari jalur reguler.

Dalam kegiatan orientasi ini, mahasiswa mendapatkan penjelasan mendalam tentang sistem perkuliahan dan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) yang akan mereka jalani selama masa studi. Bapak Alizar, M.Sc., Ph.D selaku kaprodi menyampaikan bahwa secara aturan perkuliahan di paskasarjana FMIPA dilakukan secara hybrid yaitu 50% daring dan 50% luring. Materi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman yang baik kepada mahasiswa baru mengenai alur perkuliahan, peraturan akademik, dan hak serta kewajiban mereka selama menjalani pendidikan di program studi Pendidikan Kimia.

Pada kesempatan ini, kaprodi juga menjelaskan bahwa kurikulum ini didesain untuk bisa diselesaikan selama tiga semester bagi mahasiswa reguler dan dua semester bagi mahasiswa RPL. Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang bagus bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan lebih cepat dan efektif, sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang mereka.

Pihak panitia juga memberikan sesi tanya jawab untuk memfasilitasi mahasiswa baru yang memiliki pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa baru dapat memulai perkuliahan dengan lebih siap dan memahami segala aspek penting terkait akademik di program studi Pendidikan Kimia.

Dengan orientasi ini, Program Studi Pendidikan Kimia berharap dapat menciptakan lingkungan akademik yang kondusif bagi para mahasiswa baru dan mempersiapkan mereka untuk meraih prestasi akademik terbaik selama masa studi (Fitri).