Kuliah Umum dengan Tema : Transformasi SDM Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045

Universitas Negeri Padang Senin 18 Juli 2022 menyelenggarakan Kuliah Umum bersama drg. Arianti Anaya, MKM yang merupakan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Republik Indonesia. Pada kesempatan ini bapak Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan kondisi UNP saat ini yang sudah menjadi PTNBH sejak 25 November 2021 ini dengan jumlah total Prodi 111 buah. Dengan status PTNBH sebenarnya UNP bisa membuka dan menutup Prodi kecuali pada bidang kesehatan yang harus memenuhi izin dari Lamtekes.

Pada kesempatan ini bapak Rektor juga menyampaikan bahwa UNP akan membuka Prodi Kedokteran dengan bekerjasama dengan RS. Ahmad Muchtar Bukittinggi dengan telah adanya MOU. Proses pembukaan prodi ini telah dilaksanakan sejak 2018, namun hingga sekarang masih moratorium terbatas. Semoga dengan adanya kesempatan ini dapat menjelaskan kondisi UNP untuk pembukaan Prodi Kedokteran ini.

Drg Arianti Anaya menyampaikan bahwa pertumbuhan penduduk dunia pada tahun 2045 meningkat sangat tinggi begitu juga dengan kemajuan teknologi. Indonesia pada tahun 2045 memerlukan pembangunan manusia dan Iptek. Berikut adalah kondisi kesehatan penduduk Indonesia saat ini.

Standar WHO adalah 1 orang dokter untuk 1000 penduduk, namun saat ini jumlah tersebut masih sangat jaug, sehingga jumlah pasien sangat banyak dan beban kerja dokter menjadi terlalu berat. Dengan jumlah penduduk 273.984.400 jiwa jumlah dokter baru 44.909 dokter spesialis masih kurang 32.923 dokter lagi untuk data tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *