Forum Pimpinan Pascasarjana LPTK se-Indonesia, Parapat 26-29 September 2019

Seluruh pimpinan pascasarjana dari 12 LPTK di Indonesia saat ini mengadakan forum pimpinan di Hotel Niagara, Parapat, Sumut 26-29 September 2019. Kegiatan ini telah dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, yang menyampaikan bahwa ini adalah forum tertinggi pascasarjana yang bisa menghasilkan keputusan keputusan penting bagi LPTK.

Pada hari ke-2 seluruh pimpinan pascasarjana LPTK memberikan presentasi mengenai pembelajaran di S2 dan S3. Prof. Bornok Sinaga dari Unimed menyampaikan tentang Pendidikan Transformasi merespon era industri 4.0. Prof Bornok menyatakan dengan rendahnya daya saing nasional dalam hal mahasiswa, kewirausahaan dan pemanfaatan teknologi dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dll untuk itu diperlukan proses transformasi dari psikologis, tingkah laku dan conviksional. Juga disebutkan bahwa pendidik tidak bisa digantikan oleh teknologi namun pendidik yang tidak mengerti teknologi akan ditinggalkan. Transformasi proses belajar dengan menggunakan STEM. Yaitu keterpaduan bidang bidang keilmuan Sains Technology Engineering dan Mathematics untuk memghasilkan inovasi/produk baru.

Prof. Yenni Rozimela direktur Pascasarjana UNP menyampaikan presentasi mengenai kurikulum. Beliau menyatakan bahwa mulai tahun 2019 ini UNP telah melaksanakan program S3 by research dengan bantuan dari UPI yang telah mempunyai pengalaman. Setiap prodi diminta untuk melakukan perbaikan silabus untuk menjawab beberapa tantangan seperti perkuliahan daring / blended learning.

Lebih lanjut Prof Yenni menyatakan bahwa tinjauan kurikulum diperlukan untuk melihat keterkaitan antara kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian. Terutama bagi program S3 by research. Beliau menyarankan perlu adanya diskusi atau lokakarya untuk perbaikan kurikulum dan silabus ini.

Pada hari ke-3 seluruh peserta forpimpas akan mengikuti field trip menggunakan kapal di danau Toba ke Batu Gantung, Huta Bolon Simanindo, Huta Siallagan dan Tomok. Besoknya peserta kembali ke daerah asal masing-masing.

(BO)

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *