Pelatihan Pembuatan e-modul bagi Guru-Guru SMAN 3 Padang Panjang oleh Tim Pengabdian Kimia UNP

Tim pengabdian Jurusan Kimia FMIPA UNP yang terdiri dari Budhi Oktavia, PhD, Miftahul Khair PhD, Dr. Fariyah Azra dan Gutpatni, M.A telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk guru-guru di SMA Negeri 3 Padang Panjang. Pengabdian dilakukan selama beberapa minggu dengan 5 kali pertemuan dimulai dari tanggal 19 Oktober 2019. Adapun bentuk pengabdian yang dilakukan adalah mengajarkan kepada guru-guru untuk dapat membuat media pembelajaran berbasis IT berupa e-modul.

E-modul adalah modul elektronik yang berarti ia mempunyai komponen yang sama dengan modul yaitu materi pembelajaran, metode, tujuan pembelajaran, petunjuk kegiatan belajar mandiri, dan latihan, tapi disajikan dalam bentuk elektronik. Akses dan penggunaannya dilakukan melalui komputer, laptop, tablet atau smartphone. Kelebihan e-modul dari bahan ajar cetak adalah bahwa e-modul lengkap dengan media seperti video, audio, animasi dan fitur interaktif lain yang dapat dimainkan dan diputar ulang oleh peserta didik saat menggunakan e-modul.

E-modul dapat dibuat dengan cara mengkonversi bahan ajar yang telah dibuat dalam bentuk Word kedalam bentuk e-modul menggunakan program e-book maker. Oleh sebab itu pengembangan e-modul oleh guru-guru SMA bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan karena sebagian besar guru sudah mempunyai perangkat dan bahan ajar yang digunakan dalam tugas mengajar mereka sebelumnya. Berdasarkan pelatihan yang diberikan dapat dilihat antusias guru-guru di SMAN 3 Padang Panjang dalam membuat e-modul masing-masing berdasarkan bidang studinya. Para guru berharap bahwa kegitan pengabdian berbasis IT ini tetap bisa dilakukan untuk tahun tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *