Mahasiswa S1 Kimia UNP mengikuti Shortstay Program di Gifu University Nov-Des 2019

Untuk keempat kalinya mahasiswa Kimia UNP melakukan penelitian di Gifu University berturut-turut dari tahun 2016 hingga tahun 2019. Adapun mahasiswa yang beruntung untuk melakukan penelitian di Gifu University pada tahun 2019 ini adalah Yuliana Arianti dan Ummul Khairat (keduanya BP 2016), mereka berdua terpilih setelah melalui seleksi yang ketat di UNP.

Yuliana Arianti melakukan penelitian mengenai modifikasi dan polimerisasi silika alam untuk fasa diam penukar anion pada kromatografi ion yang dapat digunakan untuk melakukan analisa kandungan anion yang terdapat pada perairan alam. Yuli melakukan penelitian dibawah bimbingan Prof. Lim Lee Wah di Gifu University dan bapak Budhi Oktavia, Ph.D di Universitas Negeri Padang.

Sedangkan Ummul Khairat, melakukan penelitian degradasi zat warna dengan menggunakan katalis ZnO/Fe2O3 dengan metode photosonolysyt dengan pembimbing Prof. Takashi Sugiura, sedangkan di UNP dengan bimbingan bapak Hary Sanjaya, M.Si. Ummul juga mendapatkan beasiswa Advanced Global Program (AGP) in the Master’s program dari Globalization Promotion Office (GPO), Faculty of Engineering, Gifu University untuk melanjutkan S2 pada bidang Foto Katalis di lab Prof. Takashi Sugiura, Faculty of Engineering, Gifu University yang akan dimulai perkuliahannya pada April 2020. Dengan lolosnya Ummul mendapatkan beasiswa ini, maka telah 5 orang mahasiswa S1 Kimia UNP melanjutkan S2 di Gifu University pada berbagai laboratorium, yaitu Mhd Chandra, Rizky Zalmi Putra, Arif Gunawan dan Robi Prasmi Kardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *