Mahasiswa S2 Pendidikan Kimia Angkatan 2020 Presentasi Kit Kimia dan Video Praktikum

Dalam rangka menyelesaikan perkuliahan semester Juli Desember 2021 pada mata kuliah Pengelolaan Laboratorium maka mahasiswa S2 Pendidikan Kimia angkatan 2020 membuat kit kimia dan video praktikum. 15 Orang mahasiswa S2 tersebut dibagi dalam 5 kelompok. Setiap kelompok merancang tugas akhir dari matakuliah ini berupa kit atau video praktikum.

Kelompok 1 terdiri dari Annisa Aulia, Aroma Karmila, dan Dola Mulyana Harnas merancang kit kimia berupa Elektrolit Tester. Alat ini dapat menunjukkan mana larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan nonelektrolit. Penggunaan elektrolt tester ini sangat sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siswa di sekolah untuk pemantapan hasil belajar.

Kelompok 1

Kelompok 2 terdiri dari Eka Frisma Asda, Leli Astuti, dan Lutfiah Azmi membuat video praktikum dengan topik Titrasi Asam Basa. Pada video praktikum ini, kelompok 2 menampilkan titrasi asam kuat vs basa kuat, asam kuat vs basa lemah dan asam lemah vs basa kuat. Video titrasi ini sangat bagus untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah karena mampu memberikan informasi yang jelas bagi siswa dimana praktikum tidak dapat dilaksanakan di sekolah.

Kelompok 3 terdiri dari Marla Ma’firah, Rosi Efliana, dan Suci Frima Dewi membuat video praktikum dengan judul Laju Reaksi. Pada video praktikum ini kelompok 3 menampilkan laju suatu reaksi berdasarkan kepada beberapa keadaan zat yang bereaksi, seperti ukuran partikel, suhu, konsentrasi untuk melihat kecepatan reaksi terbentuknya senyawa baru. Video ini mampu membuat siswa dapat memahami bagaimana suatu reaksi dapat dikendalikan berdasarkan kondisi zat yang bereaksi.

Kelompok 4 terdiri dari Suci Sukmawati Syafe’i , Yani Puspita dan Yulia Asri Warlinda membuat satu buah lemari asam portabel yang dapat digunakan untuk mengambil zat yang berbahaya maupun melakukan praktikum yang membutuhkan ruang asam agar senyawa yang bereaksi tidak terhirup sama orang yang melakukan praktikum. Lemari asam ini sangat sederhana terdiri dari kerangka kayu yang dilapisi dengan akrilik dan satu buah exhaust fan. Pada kesempatan ini ditunjukkan kemampuan dari lemari asam ini untuk menghisap asap yang ditaruh didalamnya sehingga tidak terhirup oleh praktikan.

Kelompok 5 terdiri dari Amalia Putri Lubis, Fadila Gusman dan Isramil Husna membuat kit Elektrolisis Kimia. Kit elektrolisis ini menunjukkan proses reaksi yang terjadi pada ke dua elektroda. Juga ditunjukkan proses pelapisan tembaga pada keping uang logam atau proses penyepuhan. Kit ini mampu membuat siswa memahami proses yang terjadi pada penyepuhan logam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *